Pabrik Jepang Terganggu, Toyota Tetap Catatkan Rekor Global

TOKYO, AVOLTA – Toyota Motor Corp mencatatkan rekor produksi secara global tertinggi pada Maret 2022. Meskipun, pabrik di Jepang masih mengalami kendala karena kriris cip semikonduktor, namun produksi di luar negeri masih bisa menutupi penurunan secara lokal.

Disitat Reuters, Jumat (29/4/2022), selain menyoroti dampak penghentian produksi di pabrik Jepang, juga melemahnya permintaan konsumen di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Toyota sendiri berhasil membuat 866.775 unit kendaraan di seluruh dunia pada Maret 2022. Hasil ini, mengalami peningkatan 2,8% dari periode yang sama pada 2021.

Namun, Toyota melihat penurunan hampir 16% di Jepang, yang hanya menjadi 261.759 unit kendaraan. Hal tersebut ditenggarai serangan siber terhadap salah satu pemasoknya pada bulan lalu, sehingga harus menghentikan aktivitas produksi selama satu hari.

Kinerja ekspor Toyota periode kuartal I/2022 mencatatkan volume terbesar sepanjang sejarah. (TMMIN)

Sementara itu, dilansir Japan Today, produk Toyota juga melambat, karena adanya penutupan pabrik suku cadang di kawasan Asia Tenggara.

Masalah tersebut, kemudian menjadi salah satu pemicu, Toyota bakal gagal mencapai target produksi sebesar tiga juta unit pada 2022. Meski begitu, Toyota tetap akan mempertahankan target tersebut untuk melindungi para pekerja agar tidak kehilangan pekerjaan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )