Kolabs dengan Suzuki, Toyota Siap Luncurkan SUV Baru

NEW DELHI, AVOLTA – Sport utility vehicle (SUV) baru Toyota yang bekerjasama dengan Maruti Suzuki di India, dikabarkan akan meluncur dalam waktu dekat. Kemungkinan besar, model yang bakal menjadi pesaing berat dari Hyundai Creta ini akan diperkenalkan pada Juni atau Juli 2022.

Disitat dari Autocar India, Jumat (29/4/2022), kedua model SUV ini memiliki kode nama yang berbeda, yaitu D22 untuk Toyota dan YFG untuk maruti Suzuki.

Model SUV dari dua pabrikan asal Jepang ini, akan dibangun di pabrik Toyota Bidadi, fasilitas perakitan nomor 2 di Karnataka, India. Kendaraan tersebut, akan dibangun menggunakan platform TNGA-B atau DNGA, yang sudah dimodifikasi secara lokal.

Sebagai model yang dikembangkan secara bersamaan, SUV baru ini tetap akan memiliki perbedaan. Toyota D22 akan memiliki desain baru dengan sentuhan gaya raksasa otomotif asal Negeri Matahari Terbit secara umum, seperti garis krom di grill, pelek model kembang, LED, dan roof rail di atap.

Sedangkan untuk Suzuki YFG akan hadir dengan mengambil banyak desain dari S-Cross sebagai dasar, dengan lampu LED terpisah, grill dengan garis krom yang cukup banyak, serta pelek baru.

Berbicara jantung penggerak, baik SUV Toyota dan Suzuki akan didukung dengan teknologi hybrid untuk menekan emisi. Pilihannya juga dua, yaitu pertama menggunakan sistem Mild Hybrid sebagai andalan Suzuki, dan kedua menggunakan hybrid murni dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dengan tenaga yang lebih besar.

Agar harganya tetap terjangkau, sebagaian besar komponen untuk sistem hybrid SUV Toyota dan Suzuki ini akan diproduksi di India. Produksi baterai sendiri sudah dimulai, dengan Maruti Suzuki XL6 baru yang menjadi mobil pertama yang dipasok dari pabrik Hansalpur, Gujarat, India.

Namun, belum diketahui pasti, apakah SUV baru Toyota dan Suzuki ini akan dijual juga di luar India? Tapi, dengan melihat perkembangan SUV secara global, khususnya di Indonesia, bisa jadi mobil ini juga akan diluncurkan di pasar Tanah Air dalam beberapa tahun ke depan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )