Tarif 12 Ruas Tol Ancang-ancang Naik Kuartal I 2022

Ilustrasi Gerbang Tol di Jakarta. (Jasa Marga)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan umum dan perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melakukan penyesuaian tarif sejumlah ruas tol, pada kuartal I 2022.

Danang parikesit, Kepala BPJT menjelaskan, akan ada sebanyak 12 ruas tol yang mengalami penyesuaian tarif. Hal ini, sudah sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan Pasal 48 Ayat 3, 4, dan 5.

Disebutkan, bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

“Sosialisasi mengenai penyesuaian tarif tol dilakukan oleh masing-masing Badan Usaha Jalan Tol selaku Pengelola ras tol tersebut dalam waktu 2 minggu sebelum penetapan waktu penyesuaian tarif,” ujar Danang, dalam siaran persnya, ditulis Kamis (17/2/2022).

Sementara itu, meskipun sudah dipastikan rencana penyesuaian tarif tersebut, namun Danang belum bisa memastikan jadwal detail kapan tarif baru akan resmi diberlakukan di masing-masing ruas tol.

Sebagai persiapan, dengan sudah adanya informasi terkait penyesuaian, dihimbau kepada para pengendara atau pengguna jalan tol untuk memastikan dan menyesuaikan ketersedian saldo di uang elektroniknya.

Sejumlah pemudik melintasi ruas tol Salatiga-Boyolali di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Pada H-5 Lebaran 2019, arus mudik yang melintasi Trans Jawa KM 473 ruas tol Salatiga-Boyolali dari arah Jakarta menuju Jawa Timur terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugrohoa/aww.

Berikut, 12 daftar ruas tol yang akan mengalami penyesuaian tarif:

Ruas Tol Dalam Kota
Ruas Tol Bali Mandara (Nusa Dua – Ngurah Rai – Benoa)
Ruas Tol Kunciran – Serpong
Ruas Tol Jagorawi (Jakarta – Bogor – Ciawi)
Ruas Tol Surabaya – Mojokerto
Ruas Tol Cipali (Cikampek – Palimanan)
Ruas Tol Cijago (Cinere – Jagorawi Seksi 1 dan 2)
Ruas Tol Pondok Aren – Serpong
Ruas Tol Gempol Pandaan (Interchange Gempol – Interchange Pandaan – Pandaan)
Ruas Tol Tangerang – Merak
Ruas Tol Soroja (Soreang – Pasir Koja)
Ruas Tol Pandaan – Malang.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )