Nusa Khatulistiwa Sesumbar Jadi Motor Listrik Terkencang di ASEAN

Motor Sport Listrik Nusa Khatulistiwa (dok.Nusa)

JAKARTA, AVOLTA – Tren kendaraan elektrifikasi disambut baik oleh para pelaku industri otomotif. Bukan hanya dari luar, tapi pebisnis yang notabene asal Indonesia juga ikut menyambut, salah satunya dengan menghadirkan kendaraan berbasis listrik.

Kali ini, yang muncul ke permukaan adalah merek Nusa yang didirikan oleh dua orang, yaitu Domex Mandey yang dipercayakan menjadi CEO dan Tomi Gunawan sebagai CIO (Chief Innovation Officer). Nusa memiliki arti Tanah Air, karena di Indonesia keduanya memulai dan menaklukan Dunia adalah tantangan berikutnya.

“Bagi saya, Nusa adalah suatu titik awal di mana dua orang pemuda dengan segala keterbatasannya berani menantang ketidakmungkinan menjadi mungkin, banyak orang bermimpi tapi jarang yang tersadar untuk memulai dan membangun. Nusa kami bangun untuk menjadikan suatu titik baru dari industri otomotif yang didirikan oleh dua anak bangsa Indonesia untuk menjelajahi Dunia,” ujar Domex Mandey dalam keterangan resmi, Selasa (1/2/2022).

Motor Sport Listrik Nusa Khatulistiwa (dok.Nusa)

Domex menjelaskan, produk yang akan diluncurkan yaitu sepeda listrik dan sepeda motor jenis sport dengan nama Khatulistiwa (K_Series). Nusa di kerjakan oleh talenta-talenta dalam negeri dan hampir semua komponen diusahakan diproduksi di dalam negeri, dari design, chassis, dan komponen lainnya.

“Komponen terbesar yang masih kami datangkan dari luar adalah baterry dan motor penggerak. Ini adalah langkah awal, kedepannya, akan lebih banyak lagi komponen lokal yang di gunakan,” ungkap Domex.

Secara spesifikasi,  Nusa Khatulistiwa (K_Series) ini memiliki top speed basic 150km/h, TooFast 200km/h, jarak tempuh tipe basic 180 km dan TooFast 250km. Motor sport listrik ini dibekali battery Litihium Ion Cell, Basic 10kWh dan TooFast 14kW. Menyoal harga, untuk tipe basic Rp 140 juta, sedangkan tooFast dibanderol Rp  180 juta.

“Dengan spesifikasi dari Nusa K_Series (Khatulistiwa), motor ini bisa dibilang sebagai motor listrik tercepat di Asia Tenggara. Untuk spesifikasi memang masih akan di finalisasi sampai melewati proses homologasi, tapi sejauh ini sudah 80 persen di finalisasi,” kata dia.

Domex melanjutkan, untuk motor sport Nusa K series (Khatulistiwa) sedang dalam proses homologasi, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa segera di pasarkan ke khalayak umum. Sedangkan kedua sepeda sudah bisa di pesan di Februari 2022.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )