Skuter Listrik Yamaha EMF Meluncur Bisa Swap Baterai

Yamaha EMF, skuter listrik komersial pertama Yamaha di Taiwan. (Yamaha)

TAIWAN, AVOLTA – Yamaha resmi meluncurkan skuter listrik baru yaitu Yamaha EMF 2022 di Taiwan, pekan lalu.

Skutik listrik ini merupakan hasil kolabs Yamaha dengan Gogoro, karena bisa memanfaatkan baterai perusahaan asal Taiwan ini. Gogoro merupakan startup elektrifikasi skuter listrik yang agresif, juga sudah memiliki infrastruktur etalase swap baterai.

Yamaha EMF tergolong mungiil kalau dibandingkan Fazzio yang baru meluncur, apalagi NMAX yang punya bodi bongsor. Skutik listrik ini dibekali motor listrik di bagian tengah rangka bertenaga 7,6 kW, punya bobot 95 Kg.

Yamaha EMF bisa menggunakan fasilitas swap baterai Gogoro. (Yamaha)

Disebutkan kalau motor ini bisa ngegas 0-50 Kpj dalam 3,5 detik, dengan total tenaga sekitar 10 Hp. Mirip dengan skutik mesin 125 cc lah.

Nama EMF merupakan singkatan dari Electro Motive Fighter, yang dikembangkan dari 3 konsep utama: Exciting, Strength dan Beyond.

Bahas desainnya, Yamaha EMF ini punya kesan kekar dengan bodi serba boxy. Lampu utama sudah pakai LED, suspensi depan teleskopik, belakang ganda, pelek 10 inci dengan ban tebal, rem cakram depan dan belakang, sistem pengereman UBS dengan kaliper radial 4 piston.

Klaster instrumen layar LCD digital, dapat dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi Y-Connect dan yang menarik adalah bahwa menyalakan mobil menggunakan kartu NFC.

Buat yang minat, Yamaha menjual EMF dengan banderol US$ 3.611 atau Rp 57,3 juta.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )