VW Siapkan Adik Tiguan Meluncur di Indonesia

Volkswagen T-Cross (Motor1)

PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek (APM) Volkswagen di Indonesia siap menghadirkan satu mobil baru tahun ini. Jenama asal Jerman tersebut, berencana untuk menghadirkan adik dari Tiguan, yang memang belum terungkap model apa yang dimaksud.

“InsyaAllah, kita bawa model baru, adik dari VW Tiguan tahun ini (2022),” ungkap Ahmad Badawi, National Sales Manager PT GMM, di Jakarta, ditulis Kamis (27/1/2022).

Badawi melanjutkan, model baru ini merupakan sport utility vehicle (SUV) premium kecil, yang memang di pasar Indonesia belum ada kendaraannya terutama dari Eropa. Tidak hanya enggan membocorkan informasi terkait detail pasti mobil anyarnya tersebut, untuk waktu peluncurannya juga masih dirahasikan.

“Tunggu saja, pasti kita undang,” tegasnya singkat.

Teka teki model baru Volkswagen ini menjadi menarik, karena pabrikan Bavarian saat ini praktis hanya mengandalkan dua model untuk bertarung di kerasnya pasar otomotif Tanah Air, yaitu Polo dan juga Tiguan sebagai tulang punggung penjualan.

Sebelumnya, pada 2021, terungkap dari Permendagri Nomor 40 Tahun 2021, yang tertulis model T-Cross. Model tersebut, dipersenjatai mesin 1.000 cc turbocharger TSi dengan transmisi otomatis.

Selain itu, dilihat dari dimensi dan kapasitas jantung penggeraknya, mobil ini berada di segmen dari duo model baru Jepang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Jika benar T-Cross sebagai kendaraan anyar Volkswagen, akan memberikan pilihan alternatif bagi konsumen untuk memilih SUV kecil dengan mesin turbo.

Volkswagen Tiguan (Motor1)

Target Optimistis

Volkswagen sendiri, memiliki target yang cukup optimistis untuk 2022. Dengan kondisi yang diharapkan lebih baik, dan berangsur pulihnya masalah keterbatasan chip semikonduktor, serta penanganan pandemi Covid-19 yang semakin baik, target penjualan Volkswagen diharapkan meningkat 52,2 persen.

Target 2022, Volkswagen berharap bisa menjual 800 unit dibanding 2021 yang hanya 380 unit.

“Kondisi cukup menantang karena pandemi, dan krisis pasokan chip semikonduktor yang semua merek juga merasakan itu. Tapi, sekarang mulai stabil, sehingga target tahun ini juga jauh dari 2019, 2020, maupun 2021,” terang Badawi.

Sebagai informasi, pada 2021, penjualan wholesales dan retail sales Volkswagen membukukan jumlah yang sama sebesar 380 unit, dengan penurunan 20 persen dibanding 2020 sebesar 475 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Tiguan Allspace menjadi penyumbang terbesar sebanyak 311 unit. Sedangkan Polo terjual sebanyak 69 unit.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )