Pembeli Avanza dan Veloz Itu Beda, Begini Profil dan Karakternya

Toyota All New Veloz-dok.TAM

Denpasar, Avolta – Toyota All New Avanza dan Toyota All New Veloz diluncurkan secara bersamaan pada 10 November lalu. Namun berbeda dengan versi lawas yang masih mengusung embel-embel Avanza, kini Veloz dibuat benar-benar berbeda.

Maklum, konsumen yang dibidik oleh Toyota untuk dua model ini memang berbeda profil maupun karakternya. “Sekarang ini benar-benar beda. Mulai dari segi produk, branding, All New Avanza dan All New Veloz memang kita buat lebih berbeda,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy di sela tes drive dua mobil itu oleh jurnalis otomotif nasional di Bali, Rabu (8/12/2021).

Perbedaan itu terjadi karena pembeli kedua juga berbeda. Pembeli Avanza adalah mereka yang baru pertama kali membeli mobil alias first buyer, sehingga penekanan pada aspek value for money ditekankan asli meski tidak menafikan aspek kenyamanan dan aspek tampilan yang terkini dengan fitur yang sesuai dengan tren.

Toyota All New Avanza-dok.TAM

Sementara, pembeli Veloz adalah mereka yang menginginkan fitur yang lebih canggih plus gaya dandanan yang lebih mewah. Pembeli model ini juga tercatat sebagai orang yang ingin tukar-tambah mobil atau mereka yang ingin memiliki mobil kedua yakni bukan sebagai mobil yang sekadar untuk angkutan sehari.

Profil konsumen ini adalah merek yang hobi mendandani mobil dengan tampilan yang lebih Stylish dan sporty. “Karena kita juga tidak menutup mata ada segmen seperti ini. Sehingga kita suguhkan All New Veloz yang lebih sporty, lebih premium, dengan fitur-fitur yang lebih lengkap,” jelas Anton.

Dan faktnya, segmen tersebut ternyata tak kecil. Hal itu terbukti dari jumlah pemesanan All New Veloz dan All New Avanza sepanjang November lalu, dimana Veloz memiliki porsi 65% – 70%, sedangkan Avanza 30% – 35%.
mengatakan total pemesanan berupa Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang diterima TAM dari 10 November hingga 8 Desember (hampir sebulan) telah mencapai 14.000 unit.

Toyota All New Veloz saat dites untuk menjelajah destinasi wisata di Bali – dok.Avolta.id

“Jadi ini melebihi ekspektasi, bahkan hampir dua kali lipat dari target yang kita (tetapkan) di awal itu,” kata Anton.

Menariknya lagi, dari total pesanan Veloz ternyata tipe tertinggi yakni Veloz tipe Q TSS yang paling banyak dipesan. All New Avanza disuguhkan dalam lima varian yang dibanderol Rp 206,2 juta – Rp 264, 4 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sedangkan All New Veloz yang dihargai Rp 251, 2 juta – Rp 292,8 juta OTR Jakarta disajikan dalam enam varian. (Llt)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )