BMW X5 Long Wheelbase Meluncur April 2022 di Cina

BMW X5 Long wheel base aloias BMW X5L akan diluncurkan di Cina pada April 2022 – dok.Istimewa via Car News China

Beijing, Avolta – Bayerische Motoren Werke (BMW) dikabarkan tengah menyiapkan versi terbaru dari SUV BMW X5 untuk pasar Republik Rakyat Cina (Cina). Versi paling gres alias paling anyar ini diproduksi di pabrik lokal Cina.

Laman Autohome dan Car News China, Senin (6/12/2021) melaporkan mobil yang dinamai BMW X5 Long Wheelbase (atau BMW X5L) itu bakal diperkenalkan di hajatan Beijing Auto Show yang berlangsung April 2022. “Penjualannya dimulai pada akhir semester pertama tahun itu. Produksinya direncanakan 120.000 unit per tahun,” ujar seorang sumber di BMW Cina.

Kini mobil itu disebut sudah siap diproduksi massal. Bahkan kabar terakhir menunjukkan BMW X5L itu tengah diuji jalan.

Tampilan bagian samping BMW X5L meski dibalut kamuflase namun masih jelas memperlihatkan dimensi panjangnya bertambah – dok.Car News China

Meski berbalut kamuflase yang rapat namun lekak-lekuk bodi samping, paras, dan belakang masih terlihat jelas. Bahkan tambahan panjang (wheelbase) terlihat jelas di area antara pilar B dan C. Jarak sumbu roda itu diperkirakan melar sekitar 7 hingga 12 centimeter.

“Ini merupakan pertamakalinya SUV BMW diproduksi di Cina dan pertama kali pula sebagai SUV di segmennya yang mendapat jarak sumbu roda yang panjang,” kata sang sumber.

BMW X5L akan dibuat diproduksi oleh perusahaan patungan Brilliance-BMW yang sudah berjalan lama. Dia berbasis BMW X5 (G05) yang ada saat ini, dan telah dijual sejak tahun 2018. Nama kode internal BMW X5 adalah G18.

Interior bagian depan BMW X5 L – dok.Istimewa via Car News China

BMW bakal menyajikan dalam dua varian mesin yakni mesin bensin 2.0 turbocharged yang bertenaga 265 hp dengan torsi 400 Nm dan mesin bensin 3.0 turbocharged yang menyemburkan tenaga 340 hp dengan torsi 450 Nm.

“BMW juga mengembangkan sistem hybrid ringan 48V untuk X5L yang dibuat di Cina ini,” imbuh sang sumber.

Hanya, BMW belum menyebut soal harga. Namun sekadar ancar-ancar BMW X5 impor di Negeri Tirai Bambu dibanderol 699.900 hingga 839.900 yuan.

Tampilan bagian belakang BMW X5 L yang masih dibalut kamuflase – dok.Car News China

Sementara mobil buatan lokal biasanya dihargai sekitar 25% lebih murah, meski versi L akan lebih mahal dibanding versi reguler yang diproduksi lokal. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )