Jokowi Spill Perkembangan Insentif Mobil Hybrid

Presiden Joko Widodo mengunjungi booth Toyota, dan melihat Kijang Innova Zenix hybrid (Ist)

JAKARTA, AVOLTA – Para produsen otomotif, khususnya dari Jepang seperti Toyota, Honda, Mitsubishi lagi menunggu pemberian insentif untuk mobil berteknologi mesin hybrid yang akan diberikan pemerintah. Apabila subsidi itu dikeluarkan, maka pabrikan mulai mengeluarkan pelurunya yang sekarang lagi dipendam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun akhirnya angkat bicara soal pemberian insentif itu. Menurut dia, sejauh ini masih dalam tahap pembicaran antar Kementerian terkait untuk menyelaraskan.

“Masih dibicarakan dengan menteri ekonomi dan perindustrian,” ucap Jokowi singkat saat mengunjungi Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2024).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang sebelumnya juga sudah pernah mengatakan kalau insentif ini sedang dipersiapkan dan pemerintah berjanji akan memberikan subsidi ini kepada produsen yang menjual mobil hybrid.

“Insentif untuk mobil hybrid sudah kita mulai bicarakan dalam internal pemerintah tunggu tanggal mainnya,” ujar Agus, belum lama ini, di Jakarta.

Meski belum ada kejelasan, tapi para pabrikan meyakini dengan adanya insentif ini akan membantu mendongkrak penjualan kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )