Cina Bikin Baterai EV Canggih, Isi Daya Cukup 10 Menit

BEIJING, AVOLTA – Pabrikan asal Cina khususnya dalam industri otomotif dan pendukung lainnya terus melakukan inovasi agar produknya bisa lebih diterima lagi di pasar. Salah satu yang dilakukan, yaitu mengembangkan teknologi baterai khusus untuk kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Mengutip The Telegraph, Selasa (21/5/2024), CATL berhasil mengembangkan baterai mobil listrik yang dapat mengisi daya hanya dalam waktu 10 menit saja, untuk mencapai daya jelajah hingga ratusan kilometer. Penemuan ini berhasil mendapatkan pujian dari Badan Energi International (IEA).

Baterai mobil listrik asal Cina yang diproduksi CATL ini dapat menempuh jarak 600 mil tanpa perlu diisi ulang. Bahkan IEA menyatakan baterai tersebut akan diperkenalkan pada mobil listrik tahun ini.

Menurut laporan IEA, Cina telah membuat banyak terobosan dalam bidang kimia baterai, sehingga menjadikan negara ini unggul jika dibandingkan dengan rivalnya. Perkembangan paling signifikan soal bahan kimia katoda litium besi fosfat (LFP).

Bahkan Cina menguasai sebagian besar pasar global untuk mineral yang penting bagi manufaktur baterai. Tentunya hal ini akan mengkhawatirkan pemerintah di negara-negara Barat.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )