Toyota Mau Pasok Kendaraan untuk NASA di Bulan

JAKARTA, AVOLTA – Toyota akan menjadi pemasok kendaraan untuk digunakan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) untuk misi manusia berikutnya di bulan. Rencana tersebut, dipastikan setelah adanya kerja sama antara Badan Eksplorasi Kedirgantaraan Jepang (The Japanese Aerospace Exploration Agency atau JAXA) dan juga NASA.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang, Masahito Moriyama, telah bertemu dengan Administrator NASA, Bill Nelson, untuk menandatangani perjanjian yang akan membuat JAXA mendesain, mengembangkan, dan mengoperasikan kendaraan penjelajah bertekanan untuk penjelajahan dengan awak dan tanpa awak di Bulan.

Sementara itu, Toyota sendiri telah lama bermitra dengan JAXA, tepatnya sejak 2019 untuk mengembangkan Lunar Cruiser. Kendaraan tersebut, juga mendapatkan bantuan dari Mitsubishi Heavy Industries, dan diharapkan dapat digunakan di bulan dalam misi Artemis pada 2032.

Lunar Cruiser sendiri dirancang untuk bisa digunakan sebagai kendaraan berkemah di Bulan, dan memberikan fasilitas bagi astronot sehingga dapat beraktivitas di dalam tanpa harus mengenakan pakaian antariksa karena tekanan udara yang terkontrol.

Kendaraan ini diharapkan mampu membawa dua astronot hingga 20 kilometer per hari, dan akan melakukan berbagai tugas seperti mensurvei tanah dan sumber daya bawah tanah di daerah sekitar kutub selatan bulan selama 30 hari.

Lunar Cruiser ini, diharapkan dapat memiliki masa pakai sekitar 10 tahun, dengan tujuan untuk melakukan perjalanan hingga 100 ribu Km melintasi permukaan bulan.

Terakhir, Toyota melengkapi Lunar Cruiser dengan teknologi baterai yang mampu menghasilkan hidrogen menggunakan sinar matahari, serta ban yang dapat berjalan di atas pasir halus Bulan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )