Skema Sewa Baterai EV VinFast, Rp 1,5 Juta per Bulan

VinFast VF 5 (VinFast)

JAKARTA, AVOLTA – VinFast sedang menawarkan banyak program kepada konsumen di Indonesia. Kali ini, pemilik mobil listrik asal Vietnam ini bisa melakukan sewa baterai yang biayanya dapat dibayarkan setiap bulan.

Berdasarkan keterangan resmi, Senin (8/4/2024) langganan baterai VinFast untuk model VFe34, pelanggan membayar Rp1.500.000 per bulan untuk jarak hingga 3.000 km, dan Rp2.600.000 per bulan untuk perjalanan melebihi 3.000 km.

Ambang batas 3.000 km (atau sekitar 100 km per hari) tampaknya dipilih secara strategis agar cocok dengan kebiasaan mengemudi rata-rata di Indonesia.

CEO VinFast Indonesia, Tran Quoc Huy mengatakan, ketentuan berlangganan baterai ini perusahaan memastikan bahwa gabungan biaya berlangganan baterai dan pengisian daya tetap jauh lebih rendah dibandingkan mengoperasikan mobil berbahan bakar bensin di segmen yang sama bagi pemilik mobil listrik.

Selain itu, kendaraan listrik menawarkan manfaat tambahan berupa potensi biaya AC yang lebih rendah dibandingkan mobil bertenaga bensin. Keuntungan ini terutama terlihat di iklim panas yang terjadi di pasar Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Indonesia.

“Ketentuan berlangganan baterai berpotensi secara langsung mengurangi biaya transportasi bulanan, menjadikan kendaraan listrik sebagai pilihan yang lebih mudah diakses oleh konsumen yang memiliki anggaran terbatas, sehingga mempercepat penerapan mobil listrik,” ujar Tran.

Menurut dia, berlangganan baterai sekaligus dapat mengatasi kekhawatiran utama calon pembeli mobil listrik: degradasi baterai.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, VinFast mengeluarkan ketentuan langganan baterai yang mencakup penggantian baterai gratis ketika kondisi kesehatan baterai turun di bawah 70% dari kapasitas aslinya.

“Hal ini dapat menghilangkan potensi biaya baterai baru yang timbul di kemudian hari, yang dapat mencakup sebagian besar harga awal mobil,” jelas dia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )