Honda Kucurkan Rp 178 Triliun Produksi EV di Kanada

Ilustrasi colokan cas mobil listrik Honda e. (Honda)

JAKARTA, AVOLTA – Honda semakin serius untuk bangun ekosistem kendaraan listriknya, terutama di wilayah Amerika Utara. Pabrikan asal Jepang ini, bahkan telah mengumumkan investasi sebesar US$ 11 miliar atau setara Rp 178 triliunan untuk produksi kendaraan listrik di provinsi Ontario, Kanada.

Dilansir Arena EV, jenama berlambang huruf H ini, akan mengalokasikan investasi raksasanya tersebut untuk bangun rantai pasok kendaraan listrik pertamanya di Kanada.

Jika rencana tersebut berjalan, ini akan jadi investasi terbesar di industri kendaraan listrik Kanada.

Kapasitas produksi untuk kendaraan listrik di fasilitas Kanada ini, akan mencapai 240 ribu unit per tahun. Sedangkan pabrik baterai yang juga diproyeksikan ini, bisa menghasilkan 36 GWh per tahun.

Investasi Honda ini, akan mencakup pengembangan bahan aktif katoda dan pabrik prekursor untuk baterai, yang dilakukan dalam kemitraan dengan POSCO Future M dan Asahi Kasei Corp. Selain itu, pabrik baterai khusus juga akan dibangun sebagai joint venture dengan perusahaan LG Energy Solution.

Rencananya, produksi mobil listrik di faslitas perakitan Kanada ini, akan dimulai pada 2025, dan langkah tersebut sejalan dengan target Honda, untuk mencapai 100% penjualan kendaraan ramah lingkungan pada 2040.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )