Pabrik Baterai Honda dan LG Beroperasi Akhir 2024

JAKARTA, AVOLTA – Pabrik baterai kendaraan listrik (EV) milik Honda dan LG Energy Solution (LGES) ditargetkan bisa selesai, serta mulai beroperasi pada akhir 2024. Fasilitas perakitan baterai milik pabrikan Jepang ini, terletak di Jeffersonville, Ohio, Amerika Serikat.

Dalam keterangan resminya, Honda mengatakan pabrik yang dibangun di lahan seluas 609.000 meter persegi ini direncanakan bakal memproduksi baterai dengan jenis lithium-ion tipe pouch. Kemudian, pada 2025, baterai-baterai tersebut akan dipasok ke pabrik mobil listrik Honda di Amerika Utara.

Pembangunan pabrik baterai Honda dan LGES ini dimulai pada Maret 2023, dengan total investasi sebesar US$ 4,4 miliar. Saat ini, fasilitas perakitan tersebut tengah dilakukan proses konstruksi yang telah mencapai tahap akhir.

Dijelaskan Bob Lee, CEO perusahaan patungan Honda dan LGES ini mengatakan bahwa pabrik baterai ini merupakan tonggak penting bagi kedua merek tersebut. Pasalnya, struktur fasilitas pembuatan baterai ini sudah masuk ke tahap konstruksi akhir.

“Tahun lalu kami meletakkan batu pertama di tanah lapang dan sekarang kami dapat melihat hasil akhir untuk proyek ini. Kami ingin berterima kasih kepada semua orang yang bekerja di lokasi dan masyarakat setempat yang telah membuat ini menjadi mungkin,” ujar Bob.

Kemudian, untuk proses penerimaan sumber daya manusia (SDM), juga telah dimulai dan memiliki potensi untuk menciptakan sekitar 2.200 pekerja baru.

Sebagai informasi, Honda juga telah menyiapkan rencana di segmen elektrifikasi ini, dengan bakal meluncurkan hingga 30 kendaraan ramah lingkungan pada 2030, dengan jumlah produksi mencapai 2 juta unit per tahun.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )