Malaysia Siapkan Mobil Listrik Nasional 2025

logo Proton (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Merek asli Malaysia, Proton bakal memiliki mobil listrik nasional pada 2025. Rencananya, model ramah lingkungan dari Negeri Jiran ini, akan dibantu pengembangannya oleh merek asal Cina, Geely.

Dilansir Paultan, Sabtu (30/3/2024), mobil listrik nasional Proton ini tidak akan jadi model rebadge dari mobil Geely, tapi memang akan akan dibuat khusus untuk merek Proton dengan didampingi oleh Geely.

“Pemerintah Malaysia ingin mempercepat peluncuran mobil listrik ini, dan saat ini pemerintah masih menawarkan pembebasan pajak untuk EV impor penuh (CBU), dan pada saat yang sama kami merencanakan perakitan lokal CKD,” ujar Deputi CEO Proton, Roslan Abdullah.

“Kami akan memberi tahu Anda lebih dekat pada saat peluncurannya,” sambungnya.

Sementara itu, Roslan melanjutkan, Proton tidak akan lansung membaut mobil listrik nasionalnya tersebut di dalam negeri. Namun, model bertenaga baterai ini akan dibuat di fasilitas produksi milik Geely yang sudah mendukung produksi dari banyak kendaraan listrik.

Langkah perakitan mobil listrik Malaysia ini, dilakukan karena Proton masih harus membutuhkan waktu untuk membangun fasilitas sendiri di dalam negeri.

Sementara itu, pengembangan mobil listrik nasional Malaysia antara dua perusahaan tersebut juga diyakini nantinya model yang tercipta juga akan dijual menggunakan merek Geely di pasar luar negeri.

“Ada banyak aspek yang perlu dievaluasi, tetapi kami akan menawarkan model dengan harga terbaik. Mobil listrik kami akan menawarkan ketersediaan serta fungsionalitas dan praktis,” pungkas Roslan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )