Volkswagen Berambisi Jadi Pemasok Baterai Global

JAKARTA, AVOLTA – Volkswagen berencana untuk berinvestasi di tambang untuk menurunkan biaya sel baterai, memenuhi setengah permintan sendiri, termasuk menjualnya ke pihak ketiga. Demikian dikatakan anggota dewan pembuat mobil yang bertanggung jawab atas teknologi.

Disitat dari Reuters, Senin (20/3/2023), strategi jenama Bavarian ini sejalan dengan tren yang lebih luas dari pembuat mobil yang berusaha menjadi pemosok baterai global ini.

Namun, Volkswagen sendiri menyerahkan kepada pihak ketiga untuk mejalankan bisnis tersebut, mulai dari pembangkit energi hingga sumber bahan mentang, karena mereka bersaing untuk mendapatkan sumber daya langka yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi target elektrifikasi.

Pembuat mobil terbesar di Benua Biru ini ingin unit baterainya, PowerCo menjadi pemasok baterai global, serta memenuhi setengah permintaan sendiri, dengan pabrik yang sebagian besar berada di Eropa dan Amerika Utara.

PowerCo akan mulai dengan mengirimkan sel ke Ford untuk 1,2 juta kendaraan yang sedang dibangun pembuat mobil Negeri Paman Sam ini di Eropa dengan platform elektrik MEB.

“Hambatan untuk bahan baku adalah kapasitas penambangan, oleh karena itu kami perlu berinvestasi di tambang secara langsung,” katanya.

Volkswagen bermitra dalam kesepakatan pasokan dengan perusahaan pertambangan di Kanada, di mana akan dibangun pabrik baterai pertamanya di Amerika Utara.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )