Total 13 Motor Listrik Penikmat Subsidi di Indonesia

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah telah resmi memberikan insentif pembelian sepeda motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit. Syarat untuk mendapat bantuan pemerintah ini, adalah merek yang memiliki model dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar minimal 40%.

Sebelumnya, pada Februari 2023, pemerintah telah mengumumkan 3 merek penerima subsidi motor listrik, adalah Gesits, Volta, dan Selis. Namun, seiring waktu berjalan, hingga pengumuman resmi pada 20 Maret 2023, terdapat total 8 merek yang berhak mendapatkan subsidi pembelian motor listrik.

“Untuk sepeda motor listrik, ada 8 merek dengan 13 model yang telah memenuhi sertifikat TKDN di atas 40 persen,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Taufiek Bawazier di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, saat Konferensi Pers Program Bantuan Pemerintah dan Insentif Fiskal untuk kendaraan Listrik, Senin (20/3/2023).

Lanjut Taufiek, untuk anggarannya sendiri, akan masuk ke Daftar Isian Pelaksanaan Anggran (DIPA) Kementerian Perindustrian. Alurnya, adalah dari APBN masuk ke DIPA Kemenperin.

“Kita tidak memegang uang. Uangnya dari Kementerian Keuangan, begitu masuk sistem (situs) Sisafira atau Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Sepeda Motor Listrik,” tambah Taufik.

Sementara itu, untuk merek motor listrik yang berhak mendapatkan subsidi, adalah Gesits, Volta, Selis, United, Smoot, Viar, Rakata, dan Polytron.

Sebagai informasi, pada 2023 ini, pemerintah menyiapkan kuota sebanyak 200n ribu unit untuk subsidi motor listrik ini. Selain itu, Taufik juga memastikan, program bantuan pembelian kendaraan listrik ini fleksibel dan terbuka.

Jadi, tidak menutup kemungkinan merek penerima subsidi ini akan terus bertambah, dengan syarat produsen mendaftarkan produknya ke situs Sisafira dan dengan mengisi berbagai ketentuan, dan yang pasti harus mencantumkan hasil verifikasi TKDN sebesar 40%.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )