Produksi Baterai Sendiri, Industri EV Indonesia Seperti UMKM

Ketua Umum Periklindo Moeldoko (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.)

JAKARTA, AVOLTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, menyebut industri kendaraan listrik mampu menjadi seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada masa mendatang. Terlebih, jika Indonesia sudah mampu produksi sendiri komponen roda empat ramah lingkungan.

“Jika nanti baterai, motor, dinamo, dan controller diproduksi di Indonesia, dunia mobil listrik lama-lama seperti UMKM,” jelas Moeldoko, dalam keterangan resminya, ditulis Kamis (2/3/2023).

Moeldoko melanjutkan, melihat kondisi tersebut mulai saat ini pengembangan riset terhadap komponen mobil listrik harus bisa lebih dimaksimalkan lagi. Dengan begitu, Indonesia akan mampu menjadi pemain utama dalam industri kendaraan listrik secara global.

“Putera-puteri Indonesia harus memaksimalkan momentum ini, dan jangan sampai diambil oleh negara lain. Kita jangan jadi follower, tapi kita harus jadi industri,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).

Sementara itu, pemerintah saat ini berkomitmen kuat untuk mempercepat pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai. Komitmen ini diwujudkan dengan diterbitkannya aturan terkait penggunaan kendaraan listrik.

Pertama, Perpres Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Kedua, Inpres Nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas pemerintah.

Selain itu, pemerintah juga saat ini tengah menggodok insentif untuk pembelian kendaraan listrik, yang meliputi mobil dengan tenaga baterai, mobil hybrid, motor listrik, dan juga motor konversi dari bensin ke listrik.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )