3 Merek Siap Bikin Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Suasana booth pameran BYD di Paris Motor Show 2022. (BYD Europe)

JAKARTA, AVOLTA –  Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu memberikan insentif kepada konsumen, hingga menarik investor asing untuk membangun pabrik di tanah air.

Menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier, mengatakan bahwa informasi terbaru sudah ada tiga produsen otomotif yang akan berinvestasi di Indonesia membangun pabrik mobil listrik.

“Kita bersaing sesama negara di ASEAN, Terkini pabrikan asal Eropa, Cina, dan Jepang akan investasi. Mereknya apa saya belum bisa menginformasikan,” tutur Taufiek belum lama ini di Jakarta.

Taufiek menjelaskan, dengan adanya insentif pembelian kendaraan listrik otomatis para pabrikan otomotif semakin tertarik membangun fasilitas perakitan di Indonesia. Sebab, dengan demikian pasar dan permintaan mobil listrik, sampai sepeda motor listrik akan semakin tinggi.

“Tentunya menjadikan Indonesia ini menjadi pasar yang penting bagi para produsen otomotif tersebut,” kata Taufiek.

Meski belum pasti, namun rumors salah satu merek yang akan investasi di Indonesia, yaitu BYD dari Cina, sementara Eropa Stellantis.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )