Merek Otomotif Eropa Melobi Bangun Pabrik EV di Indonesia

JAKARTA, AVOLTA – Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier, menginformasikan belum lama ini dirinya menerima tamu dari produsen otomotif asal Eropa yang tertarik membangun industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia.

“Mereka tertarik untuk membuat pabrik mobil listrik di Indonesia,” ujar Taufiek belum lama ini di kantor Kementerian Perindustrian belum lama ini.

Menurut dia, raksasa otomotif asal Eropa itu juga ingin membuat industri EV dari hulu sampai hilir. Bahkan, akan menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor baru untuk ke negara-negara ASEAN dan sekitarnya.

“Mereka punya link untuk baterai, mereka juga mau mencari rekanan untuk bangun katoda. Jadi mereka ingin membangun di Indonesia,” tutur dia.

Tak hanya itu, Taufiek juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia sangat mendukung para investor untuk membangun jaringan bisnis di dalam negeri dan memiliki keuntungan yang tinggi apabila menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor baru.

“Saya jelaskan juga bahwa aturan di Indoonesia sangat atraktif, banyak benefit fiskal bagi para investor,” kata Taufiek.

Hanya saja Taufiek belum mau membocorkan produsen otomotif asal Eropa apa yang akan berinvestasi industri EV di Indonesia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )