Kolabs LG dan Honda Siap Bikin Baterai Litium Mulai 2025

 

Ilustrasi baterai lighium-ion kendaraan listrik (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Perusahaan hasil kolaborasi antara LG Energy Solution (LGES) dan Honda Motor Co Ltd resmi berdiri. Nantinya kerjasama tersebut akan fokus membuat pabrik dan merakit baterai lithium-ion mulai 2025 mendatang di Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan keterangan resmi, Senin (16/1/2023), proses pembuatan pabrik akan dimulai pada awal tahun ini dan ditargetkan selesai pada akhir 2024. Selanjutnya di tahun berikutnya mulai memproduksi baterai lithium-ion.

Selanjutnya mengenai kapasitas produksi, pabrik tersebut bisa memproduksi 40 GWh per tahun. Baterai itu nantinya akan dipasok ke pabrik Honda di Amerika Utara.

Pabrik baterai ini berada sekitar 40 mil barat daya Columbus di Fayette County, dekat Jeffersonville, Ohio. LGES dan Honda bahkan telah berkomitmen untuk menginvestasikan 3,5 miliar dolar dan akan menyerap 2.200 tenaga kerja untuk mendirikan fasilitas produksi baru.

“Kami memiliki semua aset yang tepat untuk menyukseskan usaha patungan ini, termasuk stabilitas keuangan, kualitas, daya saing, dan kapasitas produksi dengan keahlian operasional global,” ujar Robert H Lee, CEO L-H Battery Company yang juga pemimpin grup regional Amerika Utara.

Menurut dia, kolaborasi ini juga merupakan langkah besar menuju masa depan elektrifikasi Honda untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )