Tukar Baterai Motor Listrik Bakal Dibuat Semudah Beli Air Galon

Perangkat cas untuk swap baterai motor listrik Honda. (Honda)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah terus mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Termasuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang sedang mempelajari mekanisme swapping ganti baterai khusus untuk sepeda motor listrik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menginginkan agar ada mekanisme tersebut dibuat mudah dan cepat sehingga menguntungkan bagi pengguna motor listrik.

“Ke depan bagaimana ganti baterai itu seperti menukar air galon, cari kemudian tukar, bayar, lalu jalan lagi. Kira akan mencoba ke arah sana,” ujar Hendro belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

Menurut Hendro, apabila langkah tersebut diterapkan maka bisa mengubah pola pikir masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik dan tidak bertanya-tanya lagi mengenai infrasktuktur pengisian baterai.

Dia juga ingin para produsen motor listrik menyamakan jenis baterai sehingga akan memudahkan konsumen. Jika seperti itu, maka mekanisme tukar baterai lebih cepat dan mudah bisa diterapkan.

“Kalau semua sepeda motor atau kendaraan roda dua itu sama jenis baterainya itu akan mempermudah kita dan masyarakat untuk menggunakan sepeda motor,” kata Hendro.

Hendro pun menjelaskan, Indonesia harus mengarah ke penggunaan kendaraan listrik baik kendaraan roda dua, empat, termasuk bus maupun angkutan barang. Alasannya, karena subsidi untuk bahan bakar minyak atau BBM sudah terlalu dan suatu saat energi fosil itu bisa habis.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )