Subaru Rex, Kembaran Daihatsu Rocky Khusus JDM

Subaru Rex, Kembaran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Khusus Pasar Jepang (Subaru)

TOKYO, AVOLTA – Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ternyata memiliki kembaran baru di Jepang, bernama Subaru Rex. Sport utility vehicle (SUV) ini diluncurkan dengan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), dan berstatus khusus untuk pasar Negeri Matahari terbit, alias Japan Domestic Market (JDM).

Diberitakan Paultan, ditulis Senin (21/11/2022), nama Rex sendiri bukan sesuatu yang baru bagi Subaru. Papan merek ini, sejatinya sudah digunakan untuk menamai kei car Subaru yang dipasarkan di beberapa negara, pada 1970-an.

Secara tampilan, baik eksterior dan interior, Subaru Rex sama persis dengan Daihatsu Rocky yang dipasarkan di Jepang.

Namun, ada perbedaan terkait mesin yang digunakan oleh Subaru Rex. Jika Toyota Raize dan Daihatsu Rocky memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1.0 liter turbo dan 1.2 liter, untuk Subaru Rex hanya dipersenjatai unit dengan kode WA-VE atau naturraly aspirated 1.2 liter.

Mesin 1.200 cc tiga silinder untuk Subaru Rex, mampu menghembuskan daya hingga 85,5 tk pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Subaru Rex mengadopsi pelek 16 inch dan 17 inch, dengan lampu depan dan lampu kabut LED, rem tangan manual atau elektronik, dan beberapa fitur lainnya yang tak berbeda jauh dengan Daihatsu Rocky.

Sementara itu, untuk penggunaan teknologi keselematan canggih Advanced Driver Assistance System (ADAS), Subaru akan menggunakan teknologinya sendiri yang disebut EyeSight.

Beberapa fitur termasuk di dalam teknologi keselamatan tersebut, yaitu blind spot monitor, autonomous emergency braking, traffic sign recognition, high beam assist, adaptive cruise control, lane keeping assist, lane departure warning, road departure warning and rear cross traffic alert, panoramic view monitor, dan parking assist.

Menyoal harga, Subaru Rex ini dibanderol mulai 1,82 juta yen atau setara dengan Rp 200 jutaan hingga 2,171 juta yen atau setara dengan Rp 242,2 jutaan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )