Pasca-Perang, Afganistan Kembangkan Supercar Mada 9

Mada 9, supercar buatan Afganistan (Propakistani)

JAKARTA –  AVOLTA – Afganistan dikenal sebagai wilayah yang penuh konflik, dengan peperangan. Namun, tidak hanya soal itu, sebuah kabar viral di media sosial, di mana tengah dilakukan pengembangan oleh sekelompok tim spesialis yang tengah membuat supercar di negara tersebut.

Pertama kali, kabar terkait pengembangan supercar bernama Mada 9 dari Afganistan ini diunggah dalam sebuah video yang dilakukan oleh seorang warga.

Dilihat dari detailnya, Mada 9 adalah prototipe mobil super yang dibangun di Pusat Pendidikan Teknis, dan Kejuruan Navavari Afganistan, Supercar ini merupakan model kerjasama antara ENTOP, Kementerian TI, dan Pusat Inovasi Afganistan.

Dari video yang beredar, menunjukan bodi Mada 9 yang terbuat bdari materaial komposit ringan. Mobil ini, didasarkan oleh sasis rangka tubular, memiliki suspensi pushroad bergaya F1, dan tata letak mesin tengah, di mana mesin beraeda di belakang pengemudi.

Chief Executive Officer (CEO) ENTOP, Muhammad Raza Ahmadi dalam video tersebut menyatakan, timnya telah mengembangkan prototipe Mada 9 selama lima tahun, seperti dikutip dari propakistani, Jumat (25/11/2022).

Proyek ini diupayakan selesai dalam dua pekan dan berencana untuk memamerkan bentuk finalnya pada ajang Qatar Exhibition.

Selain itu, para pengembangan Mada 9 ini didesain dengan mempertimbangkan kontur jalanperbukitan Afganistan. Sebelum masuk jalur produksi, tim pengembangan akan menguji prototipe secara ketat.

Namun, spesifikasi dari supercar Mada 9 belum terungkap secara detail.Perusahaan, diharapkan dapat memberikan informasi secara detail saat peluncuran secara resmi.

Meskipun tanpa tenggat waktu eksekusi yang diketahui publik, Mada 9 dinilai sebagai proyek ambisius yang merupakan tonggak penting bagi rakyat Afghanistan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )