Toyota Mendominasi Penjualan, Hyundai Masuk 6 Besar

All new Toyota GR86 (TAM)

JAKARTA, AVOLTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah mengumumkan penjualan mobil baru pada September 2022. Baik dari segi wholesales (pabrik ke diler) maupun retail (diler ke konsumen) mencatatkan hasil positif, alias mengalami kenaikan dari Agustus 2022.

Tercatat, sepanjang September 2022, penjualan mobil secara wholesales di Indonesia mencapai 99.986 unit. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 3,1% dibanding Agustus 2022 yang hanya 96.956 unit.

Sedangkan dari sisi retail, juga mengalami pertumbuhan sebesar 4,7 persen atau dari 91.164 unit pada Agustus 2022 menjadi 95.422 unit pada September 2022.

Berdasarkan penjualan masing-masing merek, Toyota masih mendominasi pasar secara nasional dengan retail 31.190 unit. Kemudian, diikuti ‘sang adik’ Daihatsu dengan pengiriman 17.310 unit.

Posisi ketiga, ada Honda dengan penjualan 12.977 unit, disusul Suzuki dengan 7.902 unit.

Peringkat kelima ada Mitsubishi Motors yang mampu menjual 7.011 unit, dan Hyundai di posisi keenam dengan torehan 4.823 unit.

Mitsubishi Fuso ada pada urutan ketujuh dengan penjualan 3.325 unit, disusul Isuzu  3.227 unit, Hino 2.685 unit, dan Wuling melengkapi 10 besar merek terlaris di Indonesia dengan 2.485 unit.

Toyota Fortuner jadi salah satu model andalan ekspor buatan Indonesia ke mancanegara. (TMMIN)

Sementara itu, tidak hanya dari sisi penjualan di dalam negeri, untuk ekspor CBU juga mengalami kenaikan sebesar 11,1%. DIbanding Agustus yang hanya 43.710 unit, untuk pengiriman mobil ke luar negeri pada September 2022 sebanyak 48.545 unit.

Total ekspor sepanjang Januari hingga September 2022 mencapai 334.489 unit, atau naik 61,2% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya sebesar 207.562 unit.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )