Pakai Cip, Polisi Siapkan BPKB Elektronik Mulai Tahun Ini

BPKB elektronik bisa mulai berlaku tahun ini (Ist)

JAKARTA, AVOLTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana untuk mengeluarkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dalam bentuk elektronik mulai tahun ini.

Dijelaskan Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus, BPKB elektronik ini akan lebih sederhana, dan langsung terintegrasi dengan sistem data Korlantas Polri.

“BPKB baru kita akan upayakan untuk tahun ini, memang kita gunakan ada teknologi cip di situ untuk bisa tahu, di dalamnya ada history kendaraan dan semua,” ujar Yusri, disitat dari laman resmi Korlantas Polri, Rabu (28/9/2022).

BPKB elektronik mulai berlaku tahun ini (Polri)

Selain itu, BPKB elektronik ini akan memudahkan masyarakat untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kendaraan, misalkan mutasi. “BPKB nanti akan memudahkan masyarakat, misalnya BPKB mutasi kendaraan itu tidak lagi selamanya 1-2 bulan, cukup satu hari saja sudah bisa cepat dengan harga PNBP,” tegas Yusri.

Sementara itu, Yusri juga mengungkapkan jika BPKB elektronik ini nantinya akan terintegrasi dengan stakeholders lain, seperti finance, bank, dan penggadaian. Dengan begitu, tidak akan ada lagi oknum nakal yang memalsukan atau menduplikatkan BPKB lagi.

“Nantinya ini akan menghilangkan modus-modus, masyarakat banyak yang nakal. Dia masih cicilan, tapi dia bikin duplikat BPKB dijual lagi,” tegasnya.

“Ini sudah kita pikirkan bagaimana kita munculkan satu aplikasi untuk bisa terkolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait. Ya, ini kita sudah arahkan ke single data semuanya,” pungkas Yusri.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )