Avanza Hingga Xpander, Deretan Mobil Dilarang Beli Pertalite

Ilustrasi BBM Pertalite di SPBU Pertamina. (IST)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah Indonesia, telah resmi menaikan harga jual bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar. Selain harganya yang terkantrol naik, ada juga wacana terkait kendaraan yang tak bisa mengisi bahan bakar subsidi, seperti Pertalite dan Solar.

Mobil yang bisa mengisi Pertalite, nantinya akan didasarkan dengan kapasitas mesin. Roda empat dengan mesin 1.400 cc ke atas dilarang untuk membeli Pertalite.

Pemerintah juga perlu merevisi aturan yang ada, yaitu Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014. Aturan itu isinya, memuat sejumlah pembatasan kendaraan yang dilarang mengonsumsi BBM bersubsidi, yakni Pertalite dan Solar.

Beleid ini, akan memuat kriteria kendaraan yang dilarang membeli Pertalite, agar konsumsi yak melebihi kuota yang ada.

Meluncur 2023, Mitsubishi Indonesia Belum Gamblang Berikan Informasi Xpander Hybrid (Dok MMKSI)

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan revisi beleid tersebut berdasarkan asumsi daya beli pemilik kendaraan dengan mesin di atas 1.400 cc. “Mobil-mobil di atas 1.400 cc mestinya mampu beli BBM yang nonsubsidi,” kata Saleh, dilansir dari tempo, Minggu (4/9/2022).

Sebelumnya, pemerintah memang berencana untuk membatasi mobil yang boleh membeli Pertalite. Pernah beredar kabar pembatasannya mengacu pada besaran CC mobil, yakni 1.500 CC. Namun, beredar juga kabar kalau pembatasan yang dilakukan untuk 1.400 CC ke atas.

Sementara itu, mulai Sabtu 3 September 2022 pukul 14.30 WI, harga Pertalite naik dari Rp 7.600 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kemudian Solar dari Rp 5.000 menjadi Rp 6.800 dan Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp.14.500 per liter.

Jika benar, untuk mobil dengan mesin 1.400cc ke atas, tidak bisa mengisi Pertalite, maka imbasnya kepada roda empat populer yang banyak beredar saat ini.

Daftar Jenis Mobil yang Bakal Dilarang Isi Pertalite:
– Toyota Avanza
– Toyota Rush
– Toyota Fortuner bensin
– Toyota Vios
– Toyota Kijang Innova
– Daihatsu Xenia
– Daihatsu Terios
– Mitsubishi Xpander
– Wuling Confero S
– Wuling Almaz RS
– Honda Mobilio
– Honda HR-V
– Nissan Livina
– Nissan Serena
– Suzuki Ertiga
– Suzuki Baleno Hatchback
– Hyundai Stargazer
– Mazda CX-5
– Mazda CX-3.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )