Mobil Listrik Wuling Air Ev Resmi Berstatus CKD Indonesia

Wuling Air EV diklaim bisa cas baterai di rumah, tanpa perlu ke SPKLU. (Wuling.ID)

JAKARTA, AVOLTA – Mobil listrik Wuling Air EV resmi dirakit secara completely knock down (CKD) di fasilitas perakitan Wuling Motors Indonesia, Greendland International Industrial Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

“Kendaraan listrik yang kami luncurkan hari ini adalah kendaraan listrik berbasis baterai terbaru yang dikembangkan Wuling untuk dunia. Dan Indonesia menjadi tempat peluncuran perdana,” ungkap Shi Guoyong selaku Presiden Direktur Wuling Motors, di Bekasi, Senin (8/8/2022).

Guoyong menjelaskan, sekarang masih memakai CKD, jadi untuk TKDN diklaim baru 40 %. Kedepannya, menurut dia Wuling akan meningkatkan lokalisasinya sesuai dengan arahan pemerintah, dan juga memenuhi standar dan permintaan dari pasar di Indonesia.

Jenama asal Cina itu menetapkan target bisa memproduksi 10.000 unit Air EV per tahun. Acara peluncuran tersebut turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

Para pekerja pabrik Wuling Motors Indonesia bersama Menko Airlangga dan Menperin Agus Kartasasmita. (Wuling)

“Kami telah membawa teknologi terbaru ke Indonesia dan demi dapat menyesuaikan strategi dan penerapan penghematan energi global, serta pengurangan emisi. Dan pastinya juga mendorong perubahan besar di seluruh rantai industri otomotif Indonesia mulai dari penelitian dan pengembangan produk, manufaktur, komponen-komponen penting, konsumen dan sebagainya,” ujar Guoyong.

Sementara itu, Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani menambahkan, Wuling Air ev target 10.000 unit untuk di tahun ini dan 2023. Kapasitas produksi tersebut akan memenuhi pasar domestik dan juga diekspor ke beberapa negara di dunia untuk ke depannya.

“Indonesia ini menjadi basis produksi untuk setir kanan di dunia. Kami masih menjajaki untuk ekspor dan memang beberapa negara sudah menyampaikan ketertarikan untuk memasarkan Wuling Air EV ini,” ungkap Dian.

Mobil listrik mungil ini, lanjut Dian akan resmi diluncurkan di pameran GIIAS 2022 pada 11 Agustus di ICE, BSD, Tangerang. Selain spesifikasi, harga resminya juga bakalan diumumkan di pameran otomotif itu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )