Rebadge Mobil Suzuki, Toyota Ketiban Untung Besar di India

Toyota Urban Cruiser (GaadiWaadi)

NEW DELHI, AVOLTA – Penjualan Toyota Kirloskar Motor (TKM) di India, berhasil tumbuh pesat dengan mencatatkan rekor tertinggi. Raksasa otomotif asal Jepang itu, mampu meraih catatan pengiriman mobil terbesar pada Juli 2022, sebanyak 19.693 unit.

Disitat dari Financial Express, Selasa (9/8/2022), penjualan Toyota pada bulan ketujuh tumbuh 50% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Secara detail, mobil yang menjadi penyumbang terbesar Toyota di Negeri Bollywood adalah model hasil rebadge dari Maruti Suzuki. Kalau diurai,  Toyota mampu menjual sebanyak 9.939 unit Glanza dan Urban Cruise, di mana keduanya merupakan versi rebadge dari Baleno dan Vitara Brezza.

Sedangkan penjualan lainnya, yaitu sebesar 9.754 unit, merupakan gabungan dari Innova Crysta, Hilux, Fortuner, Legender, Camry, dan Vellfire.

Toyota Urban Cruiser (GaadiWaadi)

Sementara itu, prinsipal Toyota Motor Corporation dan Suzuki Motor Corporation memang sejak 2018 sepakat untuk melakukan kerja sama terkait pengembangan produk bersama, baik dari segi teknologi, produksi, model dan juga pengembangan pasar.

Dua merek Jepang ini kolabs untuk mengembangkan model di India, salah satu model pertama yang dihasilkan adalah Glanza, yang meluncur 6 Juni 2019. Lalu, mobil kedua, adalah Urban Cruiser yang dirilis September 2020.

Kerja sama ini ternyata berhasil, dan mampu mengangkat penjualan Toyota di India. Hingga Juli 2022, TKM mampu menjual sebanyak 140.317 unit, di antaranya 78.694 unit Glanza dan 61.623 unit Urban Cruiser.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 65% pelanggan Glanza adalah pembeli pertama Toyota, dan 95% pembeli Urban Cruiser adalah pelanggan non-Toyota.

“TKM sebelumnya tidak memiliki mobil dengan harga yang dapat mereka beli,” ujar Tadashi Asazuma, Wakil Presiden Eksekutif, Penjualan & Layanan Pelanggan TKM.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )