Mimpi VinFast Bisa Jual 1 Juta Unit Mobil Listrik di Dunia

CEO VinFast (Carspiritpk)

HANOI, AVOLTA – VinFast punya mimpi besar, yaitu bisa menjadi pemain penting di industri kendaraan listrik dunia. Produsen lokal asal Vietnam punya target bisa menjual 1 juta unit mobil listrik secara global dalam 5 hingga 6 tahun ke depan.

Pernyataan tersebut, disampikan langsung oleh CEO VinFast, Le Thi Thu Thuy, saat berbicara dengan Asia Nikkei, ditulis Jumat (5/8/2022).

Pada awal tahun ini, VinFast memang telah mengumumkan untuk mendirikan pabrik kendaraan listrik baru di Amerika Serikat. Bahkan, total investasi yang dikeluarkan tidak main-main mencapai US$ 2 miliar untuk membangun fasilitas produksi di Triangle Innovation Point di Chatham Country.

Rencananya, pembangunan pabrik kendaraan listrik VinFast ini, akan dimulai semester kedua 2022 dan diharapkan bisa mulai produksi pada Juli 2024.

Kendaraan listrik VinFast (Reuters)

Pabrik kendaraan listrik milik VinFast ini, akan dibangun di atas lahan seluas 2.000 hektar, dan akan menampilkan dua area utama, yaitu satu untuk prduksi mobil listrik dan bus, sedangkan yang lain untuk tambahan industri pemasok.

Perusahaan juga menagatakan, pabrik ini dirancang untuk mencapai kapasitas produksi hingga 150 ribu unit kendaraan per tahun.

VinFast telah menerima paket insentif dari Pemerintah Negara Bagian Carolina Utara sebesar US$1,2 miliar atau setara Rp 17,8 triliun untuk nantinya akan diberikan kepada konsumen yang membeli 2 model andalan VinFast, VF8 dan VF9 mulai 30 September 2022.

Selain itu, konsumen juga bisa menggunakan fitur ADAS (Advanced Driving Assistance System) level 2 dengan koneksi secara gratis selama 1 tahun.

Konsumen juga bisa memilih 2 penawaran yang terdiri dari pengisian gratis selama tiga tahun (sesi tidak terbatas) di stasiun pengisian Electrify America atau instalasi pengisian daya wallbox secara gratis.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )