Bicara Kemungkinan Toyota Vios Baru Diproduksi di Indonesia

Toyota Vios (Toyota.co.th)

JAKARTA, AVOLTA – Produksi Toyota Vios di Indonesia dikabarkan mulai berhenti oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Bersamaan dengan itu, di Thailand, telah resmi meluncur generasi terbaru dari sedan asal Jepang ini, yang juga menggunakan nama Yaris Ativ.

Namun, terkait rencana Toyota Vios baru mau diproduksi lagi di Indonesia memang belum mendapatkan kepastian.

Bob Azam, Corporate External Affairs Director PT TMMIN menjelaskan jika produksi Vios generasi terbaru memang masih menunggu dari pihak Toyota Astra Motor (TAM).

Selain itu, di Toyota sendiri memiliki istilah first SOP Country, yaitu prioritas model yang diproduksi di sebuah negara. Misalkan, Toyota Vios itu prioritas di Thailand dan Toyota Innova di Indonesia.

“Jadi, ketika sudah berhasil diproduksi di suatu negara, baru di tempat lain,” jelas Bob di area GIIAS 2022, ICE, BSD, Tangerang, Banten.

Toyota sudah melepas teasar Vios generasi terbaru di Thailand pakai DNGA. (Toyota Thailand)

Lanjut Bob, prioritas mana model yang harus diproduksi di Indonesia, memang menjadi hal sesuatu yang penting. Dengan begitu, raksasa otomotif asal Jepang ini bisa menekan harga dan materail yang berujung pada harga jual kompetitif.

“Kalau enggak efisiensi, pusing kita, naiknya 80 persen. Nanti, kita tunggu TAM. Kalau produksi kan menunggu market,” tegasnya.

Sementara itu, Bob juga menjelaskan, kemnungkinan Vios bisa diproduksi kembali di Indonesia yang masih minim, tidak semata-mata karena penjualan yang minim.

“Jadi, mana yang kita prioritaskan. Ada model-model baru, ada yang ekspor. Pertama, dari penjualan domestik besar dan ekspor juga besar. Kedua, yang banyak penjualan domestiknya, dan ketiga yang banyak diekspor,” pungkasnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )