Hyundai Bakal Bikin Pusat Litbang Mobil Listrik di Indonesia

Penampilan perdana Hyundai Ioniq 6. (Hyundai)

JAKARTA, AVOLTA – Pergerakan Hyundai di era elektrifikasi dunia begitu cepat. Indonesia menjadi salah satu negara tujuan dalam memasarkan sekaligus mengembangkan mobil listrik yang akan menjadi masa depan di industri otomotif global.

Selain sudah mendirikan pabrik perakitan mobil, jenama asal Korea Selatan itu juga berencana membangun pusat penelitian dan pengembangan (litbang) alias R&D untuk kendaraan listrik di Indonesia.

Informasi itu terungkap setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Executive Chairman Hyundai Motor Group Chung Eui-sun di Lotte Hotel, Seoul, Korea Selatan, Kamis (28/7/2022).

“Presiden juga menerima khusus dari Hyundai, Chairman dari Hyundai, kebetulan tadi menyampaikan bahwa mereka akan melakukan ekspansi untuk mobil listrik dan R&D-nya di Indonesia, ini masih dalam perencanaan,” ungkap Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Menurut Bahlil, Hyundai juga tertarik untuk ambil bagian dalam investasi pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara. Dengan begitu, Hyundai menambah daftar perusahaan Korsel yang berinvestasi di IKN.

Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga berencana untuk menaruh investasi dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Tak hanya sekedar produksi mobil listrik, namun investasi ini juga bakal membangun proyek industri baterai dan baja otomotif.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )