Geng Jepang Siapkan Mesin Hidrogen Kendaraan Komersial

Mobil hidrogen Toyota (Carscoops)

TOKYO, AVOLTA – Lima perusahaan asal Jepang, yaitu Isuzu, Denso, Toyota, Hino, dan Commercial Japan Partnership Technologies Corporation (CJPT) resmi mengumumkan rencana dan penelitian mesin hidrogen untuk penggunaan kendaraan komersial berat (heavy duty commercial).

Kerjasama ini, bertujuan untuk lebih mengoptimalkan mesin pembakaran internal, sebagai alternatif untuk mencapai netralitas karbon.

Dalam keterangan resmi, disitat dari Tempo, Minggu (10/7/2022), saat ini memang ada beberapa pilihan penggerak untuk memenuhi permintaan terkait kendaraan ramah lingkungan. Antara lain adalah, hybrid, plug-in hybrid (PHEV), listrik murni (baterai), dan juga hidrogen (fuel cell).

Pilihan penggerak ramah lingkungan disesuaikan dengan perbedaan kondisi energi di berbagai negara, serta kebutuhan pelanggan yang beragam. Menurut kelima perusahaan Negeri Sakura tersebut, hidrogen menjadi salah satu pilihannya.

Sebagai contoh penggunaan hidrogen, adalah Toyota Corolla yang digunakan untuk ajang kejuaraan balap Super Taikyu Series sejak Mei 2021.

Sementara itu, penggunaan hidrogen di masyarakat juga dipercepat dengan peningkatan jumlah mitra dalam produksi, mengangkut, dan menggunakan hidrogen.

Selain itu, pengurangan CO2 dalam transportasi dan logistik di kendaraan komersial berat diklaim sebagai masalah sosial yang perlu ditangani bersama dengan mitra yang memiliki visi sama untuk mencapai masyarakat netral karbon.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )