Investasi Kakap Rp 305 T, VW Mau Bangun Pabrik Sel Baterai

BERLIN, AVOLTA – Volkswagen (VW) membenamkan investasi kakap US$20,38 miliar setara dengan Rp 305 triliun untuk membangun bisnis sel baterai.

Pabrikan asal Jerman ini, akan membangun perusahaan bersama mitranya The PowerCo, mengklaim mampu menciptakan 20 ribu lapangan pekerjaan.

Disitat dari Autoblog, Minggu (10/7/2022), produksi sel baterai akan fokus memasok seluruh kebutuhan merek di bawah payung grup VW, sekaligus mengejar target produksi mobil listrik pada 2030.

The PowerCo akan mengelola produksi dan penelitian baterai mobil listrik global VW. Pengelolaan ini dimulai dari penambangan bahan mentah, hingga daur ulang dan proyek-proyek sistem penyimpanan energi lainnya milik VW.

“Apa yang telah kami buktikan jutaan kali dengan platform kendaraan VW, standarisasi dan peningkatan memungkinkan pengoptimaln kecepatan dan biaya dengan kualitas tertinggi,” ujar Kepala Eksekutif The PowerCo, Frank Blome.

Pabrik sel baterai VW ini, akan memiliki kapasitas gabungan mencapai 230 gigawatt-hour (GWh) pada 2030. Fasilitas tersebut rencananya dibangun total 6 pabrik di Eropa dan 2 pabrik di Amerika Utara.

Salah satu fasilitas pabrik memiliki kapasitas 40 GWh yang cukup untuk memberi daya 500.000 mobil listrik dalam setahun.

Sebagai informasi, VW sendiri sudah memiliki sel baterai yang diluncurkan pada 2021. Komponen tersebut, akan digunakan hingga 80% dari seluruh model mobil listrik grup Volkswagen.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )