Vw dan Tesla Berjibaku Jadi Raja Mobil Listrik

BERLIN, AVOLTA – Dunia bisnis, apapun bentuknya memang tidak lepas dari persaingan antara satu merek dengan merek lainnya. Terbaru, Volkswagen yang mencoba menggeser Tesla sebagai pembuat mobil listrik terkemuka.

Disitat dari Bloomberg, Senin (27/6/2022), Volkswagen saat ini berada di posisi kedua di belakang Tesla di industri kendaraan listrik. Pabrikan asal Jerman ini juga berhasil membuat kemajuan soal produksi baterai, infrastruktur pengisian daya, dan perangkat lunak.

“Kami pikir kami bisa menutup kesenjangan sedikit dalam beberapa bulan ke depan,” kata Chief Executive Officer Herbert Diess.

Sementara itu, jika dilihat dari penjualan, tesla sudah mengirim sebanyak 936.000 unit kendaraan listrik di seluruh dunia pada tahun lalu. Sedangkan Volkswagen hanya menjual sekitar 453 ribu unit mobil listrik penuhnya.

Elon Musk, sebagai pemilik Tesla juga menegaskan pabrik baru di Austin, Texas, dan dekat Berlin. Pabrikan asal Amerika Serikat ini siap produksi lebih dari 1,5 juta unit kendaraan listrik tahun ini.

Jerman sendiri telah berusaha keras untuk mengejar ketinggalan. Volkswagen telah mengalokasikan sekitar US$55 miliar hingga 2026 untuk mengembangkan dan memproduksi mobil listrik.

Jumlah tersebut, termasuk untuk mendirikan pabrik kendaraan listrik baru senilai 2 miliar euro di Jerman dan berencana membangun enam pabrik baterai di seluruh Eropa, dengan beberapa di antaranya akan melibatkan kemitraan.

Hal tersebut, juga sebagai langkah berani untuk mendapatkan pangsa pasar di Amerika Serikat, di mana akan dihidupkan kembali merek Scout yang sudah mati dengan SUV listrik dan model pikap yang kokoh.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )