Saingi Wuling, Hyundai Mau Bikin Mobil Listrik Mungil

Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona, lagi cas baterai. (Hyundai)

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai di India berupaya untuk bersaing dengan Wuling dalam kendaraan listrik. Jenama asal Korea Selatan itu dikabarkan akan membuat mobil listrik mungil dan harga terjangkau untuk pasar domestik India.

Perlu diketahui bahwa Wuling memiliki sejumlah model mobil listrik mungil yang disebut Mini EV. Bahkan unit ini akan ikut diproduksi dan dijual di Indonesia.

Melansir laman Reuters, Senin (20/6/2022) Direktur Penjualan Pemasaran dan Layanan Hyundai India Tarun Garg menjelaskan, berbagai departemen sedang membahas tentang isu seperti ekosistem pengisian daya, jaringan penjualan, manufaktur dan jenis proses perakitan yang harus dimiliki oleh produsen mobil.

“Kami harus melihat sebanyak mungkin lokalisasi, serta mengacu pada sumber dan produksi komponen secara lokal untuk mengendalikan biaya dan menjaga mobil tetap terjangkau,” ungkap Garg.

Meski demikian, dia tidak memberikan keterangan kapan Hyundai akan meluncurkan kendaraan listrik kecil di India. Menurut Garg waktunya harus tepat.

“Sehingga kami dapat membawanya dengan harga yang tepat pula. Ekosistemnya harus siap, kita harus memiliki cukup pengisian,” tutur dia.

Kendaraan listrik mungil dan murah, kata dia, merupakan bagian dari rencana Hyundai yang lebih luas untuk menginvestasikan 40 miliar rupee (512 juta dolar AS) untuk meluncurkan setidaknya enam kendaraan listrik di India pada tahun 2028.

Faktor lain, juga untuk memberikan dorongan mengemudi yang bersih di negara tersebut dengan beberapa kota paling tercemar di dunia.

Di India, EV menyumbang kurang dari 1 persen dari total penjualan mobil. Namun, pemerintah menargetkan 30 persen pada tahun 2030 karena terlihat mengurangi polusi dan impor bahan bakar.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )