Sony dan Honda Resmi Kerja Sama Siap Jualan Mobil Listrik

Mobil listrik Sony Vision S sudah pernah tampil di CES 2020. (Sony)

TOKYO, AVOLTA – Sony dan Honda, secara resmi menyetujui usaha patungan yang akan mulai menjual mobil listrik pada 2025. Demikian dilansir Reuters, Sabtu (18/6/2022).

Honda seperti pesaing beratnya, Toyota memang lebih lambat beralih ke kendaraan listrik dibanding pembuat mobil lainnya secara global. Bahkan, pabrikan berlambang huruf H ini juga berada di bawah tekanan, untuk membuat mobil bebas karbon dengan teknologi baru seperti tanpa pengemudi.

Honda saat ini hanya menawarkan satu kendaraan listrik, Honda e dan mengatakan berencana untuk meluncurkan 30 model kendaraan listrik, dan membuat sekitar 2 juta unit mobil listrik per tahun pada 2030.

Sedangkan untuk kerja sama dengan Sony, yang pertama kali diumumkan pada Maret 2022 akan diberi nama Sony Honda Mobility. Honda akan membawa keahliannya dalam membangun dan menjual mobil dan Sony menambahkan perangkat lunak dan teknologinya.

Setiap perusahaan, baik Honda dan Sony akan menginvestasikan 5 miliar yen untuk kerja sama tersebut.

Yasuhide Mizuno, seorang Eksekutif Senior Honda, akan menjabat sebagai ketua dan CEO perusahaan patungan ini, dan Izumi Kawanishi, seorang Wakil Presiden Eksekutif di Sony, akan menjadi Presiden dan Chief Operating Officer.

Sebagai infomrasi, awal tahun ini, Honda juga mengatakan akan mengembangkan serangkaian kendaraan listrik dengan harga terjangkau bersama dengan General Motors (GM), berdasarkan platform bersama baru, memperluas rencana GM untuk mulai membangun dua SUV listrik untuk Honda mulai 2024.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )