Pakai Baterai Baru, Mobil Listrik BMW iX Bisa Tempuh 966 Km

BMW iX mulai tes pakai baterai teknologi baru, punya jarak tempuh 966 Km. (BMW)

JAKARTA, AVOLTA – BMW AG mencoba strategi baru dalam memasarkan mobil listrik di masa depan, yaitu dengan menggunakan teknologi baterai terbaru. Merek asal Munich, Jerman itu bekerjasama dengan Our Next Energy (ONE).

Perusahaan rintisan berbasis di Michigan, Amerika Serikat (AS) ini resmi menandatangani perjanjian kerjasama untuk mengaplikasikan baterai Gemini pada BMW iX.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan BMW untuk mendemonstrasikan teknologi baterai jarak jauh Gemini kami kepada konsumen,” ungkap Mujeeb Ijaz, pendiri sekaligus CEO ONE dalam keterangan resmi, Rabu (22/6/2022).

Ijaz menjelaskan, teknologi baterai ONE ini diklaim menjadikan unit mobil listrik BMW iX bisa menempuh jarak 966 km dalam satu kali pengisian daya penuh.

Baterai gemini lagi dites BMW iX. (BMW)

Dijelaskan juga formulasi baterai Gemini menggunakan 20 persen bahan lithium yang lebih sedikit. Penggunaan material grafit juga dipangkas 60 persen, sehingga kemampuan termal baterai ini diklaim lebih baik.

Sementara itu, kolaborasi dengan BMW ini merupakan hasil dari pendanaan 65 juta dolar AS yang diberikan BMW i Ventures kepada ONE.

Mitra BMW i Ventures Baris Guzel mengatakan, kolaborasi ini merupakan upaya untuk menciptakan baterai dengan tiga aspek, yakni berkelanjutan, aman, dan biaya.

“Tiga faktor itu membantu mempercepat pengembangan dan adopsi kendaraan listrik,” ungkap Guzel.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )