Ford Tertarik Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Ford sempat mengandalkan Fiesta jadi penopang penjualan, hatchback pesaing Jazz dan Yaris. (FordUSA)

JAKARTA, AVOLTA – Ford merupakan merek yang pernah eksis di Indonesia, namun karena persaingan yang begitu ketat terpaksa harus hengkang dari pasar otomotif dalam negeri. Kini dikabarkan akan kembali lagi, bahkan tertarik berinvestasi mengembangkan kendaraan listrik.

Informasi tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada acara Rapat Kerja Menko Marves RI bersama Banggar DPR RI.

“Ford itu akan datang tanggal 20 (Juni). Jadi semua itu kebetulan ada di portofolio saya, mereka (Ford) akan datang tanggal 20,” ungkap Luhut belum lama ini.

Luhut melanjutkan, Ford juga sangat tertarik untuk berinvestasi dalam hal kendaraan listrik di Indonesia sama seperti Tesla. Menurut dia, Ford menilai Indonesia punya potensi bahan baku baterai mobil listrik yang banyak.

“Semua mau end to end. Karena mereka tahu tempat yang sekarang paling bisa melakukan itu adalah Indonesia,” tutur Luhut

Meski begitu, Luhut tidak mau memberikan informasi lebih dalam lagi terkait hal ini. Termasuk penjualan mobil listrik Ford di Indonesia.

Ford Ecosport, salah satu SUV kompak andalan sempat dijual di Indonesia, sebelum FMI tutup. (FMI)

Tutup 2016

Merek Ford hadir di Indonesia sejak 1989, waktu itu diwakilkan oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC). Tapi, investasi prinsipal pertama kali masuk ke Indonesia saat PT Ford Motor Indonesia (FMI) beroperasi sejak Juni 2000, sebagai (ATPM) Ford di Indonesia.

Tapi, salah satu merek otomotif terbesar asal AS ini tidak bisa berbuat banyak terhadap persaingan pasar di Indonesia. Hanya mengandalkan produk impor dari Thailand, kemudian tidak punya model yang sesuai pasar Indonesia, membuat FMI juga gulung tikar.

Bagus Susanto, Direktur Pelaksaa FMI kala itu, mengumumkan penutupan seluruh kegiatan operasional Ford, pada Januari 2016. Pemberhentian berlaku efektif mulai Juli 2016, termasuk penjualan dan impor resmi kendaraan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )