Suzuki Pamer Platform Ertiga Smart Hybrid di IIMS 2022

Platform Mobil Hybrid Suzuki di pamerkan di IIMS Hybrid 2022 (Avolta)

JAKARTA, AVOLTA – Suzuki merupakan produsen otomotif yang menyatakan akan bermain di era elektrifikasi dengan teknologi smart hybrid. Rangkaian edukasi sudah dimulai, yaitu memamerkan platform sasis cikal bakal mobil hybrid di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Informasinya dalam beberapa waktu ke depan Suzuki akan meluncurkan Ertiga smart hybrid untuk pasar otomotif dalam negeri. Bahkan, saat ini produk sudah dikembangkan dan bakal dirakit pabrik Suzuki,  di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Platform yang dipamerkan dengan mudah bisa dikenali, yaitu Ertiga atau XL7. Bedanya, ada tambahan baterai dan motor listrik yang terkoneksi pada mesin. Bedanya, teknologi smart hybrid andalan Suzuki ini berbeda dengan yang dimiliki Toyota.

Smart hybrid tidak bisa menjalankan mobil hanya dengan mengandalkan baterai. Fungsi baterai hanya membantu tarikan awal mobil melaju dari posisi diam. Dilengkapi dengan komponen Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional guna memberikan dukungan tenaga pada mesin.

Kelistrikan mobil akan tetap terjaga ketika dalam posisi idle stop system menyala, dan tidak membebani pembakaran mesin. Sederhananya, mirip dengan teknologi yang digunakan skutik Honda PCX Hybrid.

Kelebihannya, karena dibekali baterai yang relatif kecil, maka harga jual yang ditawarkan tidak akan semahal mobil hybrid Toyota, kalau dibandingkan dengan varian non-hybrid.

Suzuki Ertiga Smart Hybrid Vehicle sudah pernah dipamerkan di Indonesia. (SIS)

Hasil Riset

Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa, teknologi hybrid paling tepat diterapkan di pasar otomotif nasional. Alasannya berdasarkan hasil riset, seperti kontur jalan dan ekosistem di Indonesia, hybrid paling mendukung.

“Modelnya apa masih belum bisa diungkapkan. Yang jelas teknologinya hybrid,” ungkap Donny ketika ditemui di lantasi pameran IIMS Hybrid 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Menurut Donny, teknologi hybrid yang dipamerkan kali ini berbeda karena sudah mengalami pembaruan dibanding model sebelumnya. Perbedaan utama terlihat pada penggunaan baterai lithium ion.

“Kalau yang sebelumnya belum ada baterai lithium ion, ini yang membedakan dengan yang sebelumnya. Jelas pengembangan ini disesuaikan dengan karakter di Indonesia,” tutur Donny.

Meski Donny belum mau membocorkan model apa yang akan mengusung teknologi hybrid ini, tapi beberapa waktu lalu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kalau Suzuki akan mengucurkan investasi untuk membuat Ertiga dan XL7 hybrid.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )