Skuter Listrik Yamaha E01 Bisa Diproduksi di Indonesia

JAKARTA, AVOLTA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siap melakukan tes pasar untuk motor listriknya, E01. Rencananya, roda dua ramah lingkungan asal Jepang ini, akan mulai melantai alias diuji coba di Tanah Air pada semester dua tahun ini atau Juli 2022.

Executive Vice Presiden Director PT YIMM Dyonisius Beti menjelaskan, Indonesia akan mendapat jatah 20 unit E01 untuk diuji coba. Pengujiannya sendiri, minimal akan dilakukan selama setahun, untuk bisa diketahui kekurangan dari motor tersebut, dan baru diputuskan akan dijual atau tidak.

Namun, Dyon sendiri mengatakan, hingga saat ini belum ditentukan, Yamaha E01 ini bisa diproduksi di Indonesia atau tidak. Meskipun saat ini, Yamaha sudah menjadikan Indonesia basis produksi untuk negara lain.

“kalau lihat sumber daya di Indonesia, sumber daya baterai semua ke Indonesia. Tinggal kerja sama apakah bisa Yamaha global diisi orang lokal kita,” ujar Dyon di Pulogadung, Jakarta Timur, belum lama ini.

Sejatinya di Jepang sendiri ada konsorsium baterai dari beberapa pabrikan motor ternama termasuk Yamaha. Namun, hal itu khusus untuk pasar Negeri Matahari Terbit, belum untuk Indonesia.

“Tapi, kenapa tidak kalau di Indonesia bisa, kita terbuka. Harganya (baterai) seperti apa, kalau jatuhnya lebih mahal kita beli saja, tapi pasti lebih murah kalau di Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, berbicara terkait baterai, di Jepang sendiri memang masih sangat mahal. Jadi, jika memang E01 ini bisa diproduksi di Indonesia, tentunya akan mengurangi harga jual model yang mirip dengan NMax tersebut.

“Kalau bisa lokalisasi kenapa tidak. Masalhnya, harus memenuhi spesifikasi Yamaha global. kalau Hyundai atau Tesla bisa, kenapa tidak?” pungkasnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )