Crossover Listrik Lexus Berbagi Platform dengan bZ4X

Crossover Listrik Lexus RZ (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Salah satu mobil listrik yang menarik perhatian pecinta otomotif, yaitu kehadiran Lexus RZ. Crossover ini disiapkan untuk pasar global, dan diciptakan untuk mendukung era elektrifikasi dunia.

Melansir situs resmi, Senin (25/4/2022) Crossover RX ini  berbagi platform dengan Toyota bZ4X dan Subaru Soltera. Platform yang dipakai, yaitu e-TNGA alias Toyota New Global Architecture untuk mobil listrik.

Meski mengusung platform yang sama, Lexus RZ memiliki desain bodi dan interior yang berbeda baik dengan dengan Subaru maupun bZ4X.

Secara tampilan, crossover Lexus RZ ini dibuat dengan gaya lebih tajam beratap model floating (floating roof), spoiler ducktail dan desain headlamp yang agresif. Memang ada banyak persamaan desain ekterior antara bZ4X dengan RZ, namun perbedaan mendasarnya terlihat dari desain fascia depan.

Lexus RZ BEV yang sharing platform dengan Toyota bZ4X. (Lexus)

Grille Lexus RZ masih memakai model Spindle Grille tersamar hanya tidak ada ‘sarang tawonnya’ karena mobil listrik, versi bZ4X lebih simpel dan klimis.

Beralih ke interior, RZ ini dibuat mirip dengan Lexus NX. Detailnya dibikin bersudut tajam dan intake di bagian depan lebih sedikit.

Bukan hanya platform, Lexus RZ ini paket baterainya juga sama dengan bZ4X, yaitu 65,6 kWh.  Powertrain Lexus RZ mengadopsi dua motor yang bisa menghasilkan tenaga lebih besar kisaran 300 hp.

Lexus mengklaim jantung pacu itu dengan nama Direct4 yang dipadukan dengan penggerak all-wheel drive (AWD) sebagai fitur standarnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )