Honda Siapkan 3 Platform Baru Untuk Mobil Listrik pada 2030

TOKYO, AVOLTA  – Honda berencana untuk produksi jutaan kendaraan listrik (EV) pada 2030 menggunakan tiga platform khusus baru, dengan satu dikembangkan bersama dengan General Motors (GM). Demikian disampaikan salah seorang eksekutif perusahaan, disitat Reuters, Sabtu (23/4/2022).

Sementara itu, Shinji Aoyama, Kepala Elektrifikasi Global honda mengatakan, pihaknya akan memperkenalkan kendaraan komersial mini listrik di Jepang pada 2024. Mobil ini, akan dibangun di atas platform EV kecil baru.

Selanjutnya, Honda juga akan menghadrikan model listrik baterai di Amerika Utara pada 2026, dengan menggunakan platform baru yang lebih besar.

Tidak hanya itu, dua platform baru tersebut juga akan digunakan untuk model lain. Sedangkan menurut Aoyama, saat berbicara melalui panggilan video, platform ketiga, yang digambarkan sebagai ukuran sedang, akan dibagikan dengan GM mulai 2027.

Ilustrasi kolabs Honda dan GM menyiapkan mobil listrik murah. (indiatimes.com)

Kedua pabrikan beda negara ini, memang telah menginformasikan jika akan mengembangkan kendaraan listrik harga terjangkau untuk pasar global. “Apakah mereka akan didasarkan pada arsitektur Honda atau platform GM belum diputuskan,” ujar Aoyama.

“Kami belum memutuskan pabrik (atau) apa yang akan diproduksi. Tapi, kami akan berbagi untuk proses manufaktur memungkinkan mobil diproduksi di pabrik Honda atau GM,” tambahnya.

Sebagai informasi, GM sedang membangun dua SUV listrik premium untuk Honda di Amerika Utara mulai 2024, berdasarkan platform EV khusus yang digunakan Cadillac Lyriq.

Sedangkan Honda telah setuju, untuk menggunakan baterai lithium generasi berikutnya dari GM, meskipun sepsifikasinya belum selesai. Meskipun begitu, jenama asal Jepang ini tidak memiliki rencana untuk berpartisipasi di usaha patungan baterai ultium GM dengan LG Enery Solution.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )