Jadwal Peluncuran Mazda MX-30 PHEV Bermesin Rotary

Mazda MX-30 PHEV Bermesin Rotary (Mazda)

JAKARTA, AVOLTA – Satu kabar baik untuk pecinta otomotif, khususnya Mazda. Pabrikan asal Jepang itu kembali membangkitkan sang mesin legendaris, yaitu Rotary. Jantung pacu itu akan dipasang pada MX-30 plug-in hybrid yang bakal diluncurkan pada paruh kedua tahun fiskal.

“Meskipun kami tidak dapat mengomentari produk atau produk masa depan di pasar lain, kami dapat mengonfirmasi bahwa MX-30 PHEV akan datang ke pasar AS,” ungkap Mazda dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari laman Motor1.com, Selasa (26/4/2022).

Sebelumnya, CEO Mazda Akira Marumoto mengonfirmasi bahwa Mazda akan menggunakan mesin rotary di MX-30. Mesin putar itu akan digunakan sebagai range extender alias generator pada versi MX-30 yang full listrik.

Marumoto mengatakan akan memulai pengujian mesin rotary dengan beberapa prototipe dalam beberapa waktu ke depan. Sasarannya adalah memiliki versi produksi MX-30 dengan mesin rotary di jalanan Jepang pada 2022.

Mesin Rotary Mazda (ist)

Perlu diketahui, mesin Rotary pertama muncul pada mobil sport coupe Mazda RX-3 (1971-1973) dengan kapasitas 1.272 cc. Mobil kencang ini tak diproduksi lagi karena ditemukan masalah pada sistemnya, seperti sulit distater.

Muncul lagi pada sedan sport dua pintu Mazda RX-7 dan RX-8 1.300 cc pada 2007 dan 2008. Mesin sistem rotary mampu membuat mobil dengan cc kecil tapi mengeluarkan tenaga melebihi mobil 2.000 cc.

Kini, jenama asal Jepang itu kembali menghadirkan mesin legendaris itu untuk menyambut era elektrifikasi di industri otomotif dunia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )