Penjualan Mobil Baru Maret 2022 Terbesar Selama Pandemi

Ilustrasi, pameran mobil – dok.Motoris.id

JAKARTA, AVOLTA – Penjualan mobil baru priode Maret 2022 secara nasional menjadi yang terbesar sepanjang pandemi COVID-19. Berdasarkan data Gaikindo, wholesales bulan lalu tembus 98.524 unit dan retail 89.811 unit.

Pencapaian tersebut menurut Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi sama seperti hasil penjualan sebelum masa pandemi. Artinya perekonomian masyarakat ditambah dengan insentif yang diberikan pemerintah berhasil mendongkrak minat konsumen.

“Hasil penjualan Maret 2022 sama seperti kondisi normal sebelum pandemi atau pada saat kondisi normal,” ungkap Nangoi dalam siaran resmi, Rabu (13/4/2022).

Menurut Nangoi, peningkatan penjualan mobil baru ini tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang masih memberikan relaksasi PPnBM terhadap pembelian kendaraan. Relaksasi PPnBM DTP berhasil membangun gairah pasar dan mendorong tingginya permintaan.

Kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung otomotif. Sehingga secara keseluruhan kebijakan relaksasi PPnBM DTP telah mampu menggerakkan ekosistem seluruh lini industri otomotif Indonesia.

PT TMMIN Melakukan ekspor perdana Fortuner ke Australia (TMMIN)

Termasuk membangkitkan kembali industri otomotif yang menjadi salah satu sektor andalan dengan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional.

“Kebijakan relaksasi PPnBM DTP yang menjadi alasan utama kenaikan angka penjualan luar biasa yang dicatat pada kuartal pertama tahun ini,” ujar Nangoi.

Nangoi menjelaskan, tercatat kenaikan signifikan setelah berlakunya kebijakan PPnBM DTP. Pada tahun 2021 tercatat kenaikan penjualan domestik sebesar 68%. Kemudian hasil penjualan pada bulan Maret 2022 yang lebih dari 98.000 unit.

Sehingga pencapaian kuartal pertama tahun 2022 tercatat 263.810 unit. Artinya ada kenaikan sebesar 41,1%  dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )