Nissan Bikin Pabrik Baterai, Harga Mobil Listrik Bisa Murah

Pabrik Nissan di Sunderland, Inggris, merakit mobil listrik Leaf. (Nissan)

JAKARTA, AVOLTA – Nissan salah satu merek yang akan konsen dalam era elektifikasi di masa depan. Komitmennya itu dibuktikan dengan merilis fasilitas produksi pertama untuk memproduksi sel baterai mobil listrik all-solid-state.

Pabrik prototipe ini terletak di dalam Pusat Penelitian Nissan di Prefaktur Kanagawa, Jepang. Demikian dilansir laman Hindustan Times, Selasa (12/4/2022).

Fasilitas prototipe ini merupakan bagian dari visi jangka panjang Nissan yang disebut Nissan Ambition 2030. Rencananya pabrikan asal Jepang ini akan meluncurkan mobil listrik dengan baterai all-solid-state yang dikembangkan sendiri pada tahun fiskal 2028.

Nissan mengklaim biaya baterai mobil listrik all-solid-state ini dapat dikurangi dari US$ 75 per kWh menjadi US$ 65 per kWh pada tahun fiskal 2028. Tentunya ini memungkinkan untuk membuat biaya kendaraan listrik setara dengan kendaraan bermesin konvensional.

A battery for a Nissan Leaf electric vehicle is on show in the foyer of the Envision battery manufacturing plant at Nissan’s plant in Sunderland, north east England on July 1, 2021. – Japanese auto giant Nissan today announced plans to build the UK’s first car-battery “gigafactory”, where it will build a new electric vehicle. (Photo by OLI SCARFF / AFP)

“Kedepannya, divisi R&D dan manufaktur kami akan terus bekerja sama untuk memanfaatkan fasilitas produksi prototipe ini dan mempercepat aplikasi praktis baterai solid-state,” ungkap Wakil Presiden Eksekutif R&D Nissan Kunio Nakaguro.

Baterai mobil listrik solid-state diharapkan menjadi teknologi yang mengubah permainan untuk mendorong adopsi kendaraan listrik. Pasalnya baterai ini memiliki kepadatan energi sekitar dua kali lipat dari baterai lithium-ion konvensional.

Selain itu, waktu pengisian baterai solid-state ini juga lebih singkat berkat kinerja pengisian dan pengosongan yang lebih unggul. Biaya untuk baterai ini juga lebih rendah karena menggunakan bahan-bahan yang lebih murah dibanding baterai lithium-ion.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )