Mobil Listrik Rp 400 Jutaan Diproduksi di Indonesia Tahun Ini

Tampilan depan Wuling Honggung Mini EV – dok.Chinapev

JAKARTA, AVOLTA – Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia akan semakin berkembang. Bahkan, bocoran terbaru, bakal ada satu mobil listrik bakal diluncurkan dan diproduksi di Tanah Air pada tahun ini.

Informasi tersebut, disampaikan oleh Kasubdit Industri Alat Transportasi Darat IMATAP Kementerian Perindustrian Dodiet Prasetyo, belum lama ini. Ia mengatakan,  mobil listrik ini akan dirakit pada akhir 2022 dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

“Harapannya akhir tahun ini, kami mohon doanya supaya nanti ada produksi EV dengan harga kurang lebih Rp 400 juta,” jelas Dodiet saat diskusi Pengembangan Mobil Listrik Berbasis Baterai, yang diselenggarakan oleh Indef, dan ditayangkan di youtube.

Lanjut Dodiet, dengan kehadiran mobil listrik berbanderol Rp 400 jutaan ini diharapkan mampu menjadi solusi program percepatan kendaraan listrik baterai yang dicanangkan oleh pemerintah. Pasalnya, saat ini pilihan mobil listrik murni di pasar nasional masih di atas Rp 600 jutaan.

Mobil listrik murah VW e-UP mulai dijual lagi. (gettotext.com)

“Mayoritas sekitar 70% sampai 80% jenis mobil yang dibeli masyarakat Indonesia adalah range harga sekitar Rp 300 juita. Sedangkan berdasarkan yang ada, jenis kendaraan listrik impor yang di Indonesia rata-rata di angka Rp 800 juta,” tegas Dodiet.

Sebelumnya, Dodiet juga mengatakan, salah satu cara untuk mewujudkan kendaraan bebas emisi, adalah menghadirkan model yang dibuat lebih murah.

“Paling mahal dari EV, adalah baterai bisa 53% dari harga jual dan kemungkinan kecil diturunkan. jadi, yang bisa dilakukan adalah memperkecil baterai dan produksi mini compact car (listrik),” pungkasnya.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )