Hyundai Ioniq 5 Bisa Berfungsi Jadi Genset

Hyundai Ioniq 5 (Ist)

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai Ioniq  5 yang resmi diluncurkan di Indonesia, memiliki sejumlah fitur canggih. Salah satunya, yaitu Vehicle to Load atau V2L, yang fungsinya layak genset karena bisa menjadi sumber listrik cadangan saat kondisi darurat.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur mengatakan, mobil listrik ini dihadirkan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya yang menyukai kegiatan outdoor, dan membutuhkan sumber listrik.

“Jadi bisa menjadi sumber listrik di tempat yang tidak memungkinkan adanya aliran listrik,” ungkap Makmur di lantai pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Fitur tersebut lanjut Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia Bonar Pakpahan, bisa digunakan sebagai genset untuk menghidupkan perangkat elektronik rumah tangga. Bahkan, dapat dipakai menjadi sumber cadangan bagi mobil listrik lain yang kehabisan daya, disebut juga seperti power bank berjalan.

“Apabila ada masalah pada mobil listrik lain mogok karena kehabisan daya, maka Ioniq 5 bisa dijadikan pendonor daya listrik ke mobil listrik yang mogok itu,” tutur Bonar.

Bonar melanjutkan, untuk mengaktifkan fitur V2L, ada batas kapasitas baterai yang harus diperhatikan. Apabila daya baterai pada Ioniq 5 sudah di bawah 20%, maka fitur V2L tidak bisa digunakan.

“Jadi memang pemilik Ioniq 5 juga harus memperhatikan, kalau misal daya baterai mobilnya sudah di bawah 20%  maka dia nggak bisa jadi pendonor. Karena jangan sampai karena kita mendonorkan listrik ke perangkat atau mobil listrik lain, tapi justru habis itu kita yang mogok karena kehabisan daya,” kata Bonar.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )