Mobil Listrik Toyota bZ4X Makin Dekat ke Indonesia

Mobil listrik Toyota bZ4X (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota resmi memamerkan mobil listrik bZ4X di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2022. Langkah ini sekaligus tanda bahwa mobil listrik itu diperkenalkan pertama kali ke public Asia Tenggara (ASEAN).

Melansir situs resmi Toyota Thailand, Sabtu (26/3/2022) Noriaki Yamashita, President of Toyota Motor Thailan Company Ltd yang membuka langsung booth pameran yang berlangsung sampai 3 April 2022 itu.

“Bertepatan dengan 60 tahun operasional bisnis Toyota di Thailand, kami berfokus pada transformasi menjadi Mobility Enabler dan kembali menegaskan tentang komitmen kami menciptakan mobil rendah emisi untuk mencapai Netralitas Karbon bagi masyarakat, yang pada akhirnya berkontribusi pada pengembangan Mobility for All,” ungkap Yamashita.

Mobil listrik Toyota bZ4X Concept ini dibekali banterai Lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Baterai ini diklaim mampu menjalankan mobil sampai sejauh 500 kilometer (km) sebelum daya listrik pada baterai benar-benar habis. Pengujian ini sudah dilakukan sesuai WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure).

Strategi Ciamik Toyota untuk Gaet Pembeli Mobil Listrik Pertamanya (Carscoops)

Terdapat dua varian, yakni yang berpenggerak roda depan (FWD) serta AWD. Tipe FWD menggunakan motor listrik tunggal 150 kW dan klaimnya sanggup tuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,4 detik.

Sementara versi AWD karena menggunakan motor listrik 80 kW di setiap poros roda, dapat melakukan akselerasi dari diam ke 100 km/jam hanya dalam waktu 7,7 detik.

Selanjutnya dari segi dimensi, bZ4X punya panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.650 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm. Ukuran ini lebih panjang 30 mm, lebih lebar 25 mm, dan lebih tinggi 30 mm dibanding Toyota Corolla Cross di Indonesia.

Sementara itu, di pasar Amerika dan Inggris, terdapat beberapa varian tipe yang disediakan Toyota untuk bZ4X. Menyoal harga dimulai Rp 790 jutaan sampai Rp 900 jutaan.

Nah, khusus untuk di Indonesia, 143 unit Toyota bZ4X dipastikan akan ikut digunakan para delegasi negara tamu di ajang KTT G20 di Bali.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )