Makin Gacor, VinFast Siap Produksi SUV dan Bus Listrik di AS

Manufaktur VinGroup (Asia Nikkei)

SAN FRANCISCO,AVOLTA – Laju bisnis Vinfast di Amerika Serikat (AS) terus melaju signifikan. Terbukti, pabrikan asal Vietnam ini telah menandatangai kesepakatan awal untuk investasi US$ 2 miliar atau setara Rp28,6 triliun untuk membangun pabrik di North Carolina.

Disitat Reuters, Rabu (30/3/2022), pabrik baru Vinfast ini rencananya akan digunakan untuk memproduksi bus listrik, kendaraan sport (SUV), dan juga baterai untuk kendaraan listrik.

Sementara itu, VinGroup mengatakan, pihaknya telah memiliki rencana untuk memiliki total investasi sebesar US$ 4 miliar di komplek pabrik pertamanya di Negeri Paman Sam.

Pembangunan pabrik akan segera dilakukan, setelah perusahaan mendapatkan izin yang diperlukan. Harapannya, fasilitas perakitannya akan selesai pada Juli 2024, dengan kapasitas awal sebesar 150 ribu unit per tahun, ungkap Vinfast.

“Dengan fasilitas perakitan di pasar AS, VinFast dapat menstabilkan harga serta mempersingkat waktu pengiriman produk membuat kendaraan listrik kami lebih mudah diakses oleh pelanggan,” ujar Wakil Ketua Vingroup dan CEO VinFast Global, Nguyen Thi Thu Thuy.

Logo VinFast (Reuters)

Vinfast sendiri, telah menerima pra pemesanan secara global untuk dua SUV listriknya, dan rencananya akan mulai pengiriman pada kuartal keempat.

Presiden AS, Jo Biden mengapresiasi investasi yang dilakukan oleh VinFast, karena akan menciptakan lebih dari 7.000 pekerjaan, adalah contoh terbaru dari strategi ekonomi di tempat kerja.

“Ini didasarkan pada pengumuman baru-baru ini, dari perusahaan seperti GM, Ford, dan Siemens untuk berinvestasi di Amerika lagi dan menciptakan lapangan kerja”, pungkas Biden.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )